My Statistics

Minggu, 20 November 2011
Grafik komputer itu sendiri, dimana memiliki pengertian yaitu suatu bidang komputer yang notabennya dipergunakan untuk memudahkan dalam menghubungkan antara manusia dan mesin (komputer) dimana user dapat mengimplementasikannya ke dalam bentuk grafik, agar user lain pun dapat mengerti apa yang sebenarnya dilakukannya. Grafik komputer sebenarnya juga memiliki banyak sekali pengertian dimana masing - masing mempunyai inti definisi yang sama, yaitu suatu bidang komputer yang berinteraksi antara komputer dan penggunanya dalam bentuk penyajian grafik, bagan, diagram dan lain sebagainya.
Untuk bagian desain permodelan grafik komputer itu sendiri juga memiliki berbagai macam jenis


Selanjutnya adalah mengenai OpenGL, dimana openGL tersebut adalah sebuah library yang dipergunakan dalam desain permodelan grafik komputer, dimana terdapat lintas API yang berfungsi untuk mengembangkan aplikasi suatu grafis, baik 2D maupun 3D. Interfacenya terdiri dari 250 panggilan fungsi yang berbeda dan dapat digunakan untuk menggambar 3 Dimensi dengan adegan - adegan kompleks dari bentuk yang primitif atau sederhana.

Berikut ini adalah beberapa contoh dari bentuk grafik komputer, yang diantaranya adalah berdasarkan dari bentuk dasar atau sederhananya.

Garis, merupakan suatiu penggabungan / penggambaran 2 buah titik. Garis disini merupakan bentuk yang paling sederhana dalam pembentukan grafik komputer. Berikut ini adalah listing dan print output yang dihasilkan.




dan berikut ini adalah bentuk print outnya. Dimana alam hal ini bentuknya garis yang berwarna.





Selanjutnya adalah bentuk persegi, dimana gambar Quad adalah bentuk segiempat dengan vertex yang bebas. Bebas disini artinya mempunyai segi empat buah yang bebas. Untuk menampilkan Quad, OpenGL mengunakan perintah GL_QUADS. Berikut ini adalah bentuknya dan listing programnya.



Outputnya adalah sebagai berikut.

Berikutnya adalah bentuk segitiga, dimana segitiga merupakan gabungan atau hubungan dari tiga buah titik yang keterhubungan tersebut akan menciptakan satu sektor, yaitu segitiga. Berikut ini adalah implementasi segitiga dan listing program yang digunakan dalam bentuk dua dimensi ini.


Berikut adalah outputnya.

Yang terakhir adalah bentuk poligon. Poligon adalah salah satu bentuk segitiga yang mempunyai beberapa titik, sehingga dapat menghasilkan segitiga yang lebih dari satu atau segi banyak. Berikut ini adalah listingnya dalam implementasi openGL dua dimensi.
Berikut adalah outputnya.





0 komentar:

Posting Komentar